Contohlah Nabi yang Memberikan Solusi bagi Umat

0
2

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh umat Islam dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Airlangga Unair Surabaya.
Menyambut datangnya hari kelahiran Rasulullah SAW, PK PMII Airlangga menggelar satu acara berupa Maulid dalam Pergerakan 2.0: Refleksi Integritas Nabi Muhammad SAW di Masa Muda. Kegiatan yang menghadirkan Ustadz Ahmad Muntaha AM dan dilaksanakan di Masjid Nuruzzaman Unair Kampus B Surabaya.
Saat penyampaian materi, Ustadz Muntaha menjelaskan beberapa hal yang bisa diambil contoh dari masa muda Nabi putra Abdullah ini.
“Rasulullah tidak takut terhadap tantangan. 12 tahun ikut Abu Thalib, pamannya ke Syria untuk berdagang dan melewati padang pasir yang panas dan berdebu serta jarak yang sangat jauh,” katanya, Senin (19/11).
Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PWNU Jawa Timur ini melanjutkan jika Rasulullah gemar mengupayakan kemaslahatan bagi masyarakat, serta menjadi pemberi solusi di tengah permasalahan umat.
“Rasulullah selalu mengupayakan kemaslahatan bagi masyarakat, memberi pelayanan yang sakit, memberi pembelaan terhadap yang lemah,” jelas pengurus di Aswaja NU Center Jawa Timur ini.
Kepada hadirin, Ustadz Muntaha mengatakan bahwa Nabi Muhammad merupakan pribadi yang memiliki semangat belajar serta etos kerja yang tinggi. “Beliau semangat dalam belajar dan bekerja,” lanjut ustadz asal Magelang Jawa Tengah ini.
Di akhir paparannya, alumnus Pesantren Lirboyo Kediri ini berpesan agar menjaga hubungan baik antarsesama mengingat sedang banyaknya propaganda atas nama agama. “Termasuk arus negatif adalah propaganda atas nama agama yang justru membahayakan agama itu sendiri, umat, bangsa, dan negara,” tutupnya.
Kegiatan ini diikuti puluhan peserta yang berasal dari PMII, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Unair, Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Religi (UKM SR) Unair. (Hanan/Ibnu Nawawi)
#muslimsejati
//www.nu.or.id/post/read/99177/contohlah-nabi-yang-memberikan-solusi-bagi-umat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here