//visimuslim.xyz/2018/11/10/hari-pahlawan-momentum-bersyukur-atas-nikmat-kemerdekaan/

0
386
Pringsewu, NU Online10 November 1945 menjadi momentum bersejarah dan berharga bagi bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan yang saat ini bisa dirasakan nikmatnya oleh para generasi penerus bangsa. Sudah menjadi keharusan bagi generasi yang tidak ikut berjuang mengangkat senjata merebut kemerdekaan dengan darah dan nyawa, untuk bersyukur kepada Allah SWT dengan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini.

Penegasan ini dikatakan Mustasyar PCNU Kabupaten Pringsewu, Lampung KH Sujadi dalam suasana memperingati Hari Pahlawan, Sabtu (10/11). Bupati Pringsewu ini juga mengingatkan pentingnya mendoakan para pahlawan dan syuhada agar diterima amal perjuangannya dan ditempatkan oleh Allah SWT di sisiNya yang mulia.

“Semoga Allah SWT memberi kekuatan lahir dan bathin kepada kita untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dan syuhada dengan membangun Pringsewu menuju daerah yang Baldatun Thoyyobatun wa Rabbun Ghafur dengan ridho Allah SWT. Semoga kita mendapatkan rahmat dan berkah. Selamat Hari Pahlawan,” ungkapnya kepada NU Online.

Di tempat terpisah, Ketua Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Pringsewu Ahmad Rifai mengungkapkan bahwa hari pahlawan harus menjadi momentum untuk menanamkan nasionalisme sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan khususnya kepada para generasi muda.

“Generasi muda, para pelajar harus terus dididik untuk menghargai jasa para leluhur bangsa dan para syuhada. Mereka juga harus diberi pemahaman tentang keberagaman untuk meningkatkan rasa solidaritas kepada sesama,” anjurnya.

Para generasi muda juga harus terus didorong untuk aktif mengisi kemerdekaan melalui aktif dalam segala kegiatan yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

“Jika setiap elemen bangsa khususnya pemuda mampu mengisi dengan aktif kemerdekaan, maka insya Allah akan tercipta masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera,” ungkap pria yang juga Kepala MTs Ma’arif NU Pajaresuk ini.

Apalagi generasi saat ini yang sering disebut generasi milenial, merupakan segmen mayoritas yang mencapai 40 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Jumlah persentase ini akan melonjak pada 2025 sebanyak 60 persen di mana Indonesia akan mendapatkan masa bonus demografi. Dan ini tentunya para generasi muda saat nanti akan menjadi salah satu penentu utama keberlangsungan bangsa ini.

“Mereka harus mewarisi spirit perjuangan para pejuang bangsa yang berasal dari berbagai kelompok agama dan suku. Di tengah perbedaan, mereka bisa bersatu merebut kemerdekaan. Saatnya sekarang di tengah kebhinekaan dan kemajuan ilmu serta teknologi generasi muda harus lebih semangat mempertahankan NKRI dengan mengisi kemerdekaan ini,” pungkasnya. (Muhammad Faizin)

Link: //www.nu.or.id/post/read/98720/hari-pahlawan-momentum-bersyukur-atas-nikmat-kemerdekaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here