Mahfud MD: Orang Islam Harus Menyayangi Sesama Manusia

0
2
Jakarta, NU Online
Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Mohammad Mahfud MD menegaskan bahwa sudah seharusnya seorang Muslim menyayangi sesama manusia. Bahkan menurutnya bukan hanya menyayangi, tetapi juga harus menghormatinya.
“Orang Islam harus menyayangi dan menghormati sesama manusia. Islam menegasakan, menyelamatkan satu nyawa manusia sama dengan menyelamatkan semua manusia di bumi,” ujar Mahfud MD dikutip NU Online, Rabu (28/11) lewat twitternya.
Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 ini menukil Sabda Rasulullah SAW, Nabi Muhammad bersabda, “Yang paling baik di antaramu ialah kamu yang menyebar manfaat (kebaikan) kepada semua manusia”.
Menanggapi pernyataan Mahfud MD tersebut, salah seorang warganet bertanya, “Apa sama prof @mohmahfudmd dengan membenci satu nyawa manusia, sama dengan membenci semua manusia di bumi? Mohon pencerahannya, trm ksh prof?”
Pertanyaan tersebut ditanggapi Mahfud dengan menerangkan bahwa kebaikan seseorang akan dibalas oleh Allah berlipat-lipat, sedangkan sanksi Allah sepadan dengan kejelekan yang dilakukan oleh seorang hamba. Hal ini karena Allah Maha Penyayang dan Pengampun.
“Dalam Islam itu kalau kita berbuat kebaikan Allah selalu membalasnya dgn berlipat-lipat kebaikan. Tapi kalau kita berbuat jelek Allah hanya akan menjatuhi sanksi secara sepadan dengan kejelekan yang kita lakukan. Allah Maha Penyayang dan Pengampun,” terangnya. (Fathoni)
Sumber : //www.nu.or.id/post/read/99591/mahfud-md-orang-islam-harus-menyayangi-sesama-manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here