Tangkal Radikalisme dengan Lomba Hadrah

0
4

Tangkal Radikalisme dengan Lomba Hadrah

20/08/2018, 17:34 WIB | Editor: Sofyan Cahyono

Hadrah
APIK: Salah satu peserta lomba Hadrah yang digelar Kodim 0818. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image   
JawaPos.com – Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu memiliki cara tersendiri dalam menanamkan nasionalisme sekaligus menangkal paham radikalisme. Salah satunya melalui lomba kesenian hadrah atau banjari dan lomba melukis.

Lantunan lagu Yalal Wathon terdengar membahana di Pendopo Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang. Lagu yang kerap terdengar pada acara keagamaan atau kegiatan di pondok pesantren itu dilantunkan dengan indah oleh peserta lomba.

Mereka mengaransemen ulang sehingga nadanya bervariasi. Penampilan grup hadrah semakin manis dengan paduan alat musik pukul sejenis rebana. Sebanyak 35 tim hadrah dari wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu menampilkan penampilan terbaik mereka.

Kasdim 0818 Mayor Inf Teguh Prastowo menjelaskan, digelarnya even ini karena ingin kembali melestarikan budaya seni hadrah. Kesenian itu merupakan warisan nenek moyang yang sarat dengan nilai agama.

“Karena merupakan warisan leluhur dan penuh makna, maka bisa menjadi benteng agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya luar. Utamanya yang radikal dan tidak sesuai dengan ideologi bangsa,” beber Teguh di sela kegiatan, Senin (20/8).

Selain itu, even juga untuk mewadahi bakat seni para anak muda di wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu. Kemampuan para peserta pun patut diacungi jempol. “Bagus-bagus penampilan mereka. Sekarang masih babak penyisihan, finalnya nanti Sabtu (25/8),” tegasnya.

Sementara itu, lomba lukis diikuti 92 peserta. Kegiatan itu diharapkan semakin menumbuhkan nasionalisme. Pasalnya, tema lukisannya adalah nilai perjuangan bangsa.

#muslimsejati

sumber :ps://www.jawapos.com/jpg-today/20/08/2018/tangkal-radikalisme-dengan-lomba-hadrah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here