Tradisi Menyiapkan Menu Buka Puasa Unik Yang Masak Para Santri

0
147

Probolinggo — mediamuslim.net –  Ramadhan selalu menjadi momentum indah bagi umat Muslim. Selain sebagai bulan penuh ibadah, banyak juga tradisi unik yang hanya dapat dijumpai saat Ramadan. Salah satunya adalah tradisi menyiapkan menu buka puasa yang dilakukan para santri di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Tradisi itu dikenal sebagai Tanak Tomang.

Selama bulan Ramadan menjelang buka puasa tiba, aktivitas para santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur menjadi lebih sibuk.

Secara bersama-sama, antara lima hingga 30 orang santri menanak nasi untuk sajian berbuka puasa warga pesantren. Pengasuh Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin, Hadi Zainal Abidin mengatakan, tradisi itu bertujuan untuk melatih santri hidup mandiri.

“Dengan bekerja sama melalui tradisi tanak tomang ini, para santri dapat menjunjung tinggi persahabatan dan kebersamaan, menerima perbedaan, serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya,” kata Habib Hadi, Jumat (10/6/2017) sore.

Cara memasaknya sangat sederhana sekali, hanya menggunakan perapian pada tungku yang dibuat sendiri dari bata merah. Seluruh alat memasak seperti dandang beras dan penggorengan lalu diletakkan di atas tungku.

Proses inilah yang membuat suasana tanak tomang menjadi seru, karena seluruh santri terlibat dalam pembagian tugas masing-masing. Ada yang bertugas mencuci beras dan memasak nasi, mencari sayuran, menggoreng ikan, membakar terong, dan menyiapkan sambal. Meski menunya sederhana, suasana yang terjalin membuat hati riang. Jamak di antara santri saling bersenda gurau di sela mempersiapkan makanan berbuka itu. .

LEAVE A REPLY