Waspada Paham Radikalisme

0
2
PROKAL.CO, BALIKPAPAN  – Koramil-01 Kodim 0905 Balikpapan Utara menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan paham radikal untuk masyarakat Muara Rapak. Kegiatan yang berlangsung di aula kelurahan Muara Rapak itu diikuti pihak kelurahan, LPM, Karang Taruna serta Ketua RT pada Jum’at (21/12) pagi.
Radikalisme adalah sikap dan tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan. Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut dalam tempo singkat dan secara drastis serta bertentangan dengan sistem sosial yang berlaku.
“Zaman sekarang memang sangat dominan dengan tindak kekerasan, sehingga kami meminta kepada semua warga agar bisa menjaga lingkungannya, terutama kumpulan anak remaja,” kata Lurah Muara Rapak Nunung Nurjaya di dampingi Mayor INF Arifudin dan sersan 1 Hamzah kepadaBalikpapan Pos, kemarin.
Pengaruh radikalisme merupakan suatu pemahaman baru yang dibuat-buat oleh pihak tertentu mengenai suatu hal, seperti agama, sosial, dan politik, seakan menjadi semakin rumit karena berbaur dengan tindak terorisme yang cenderung melibatkan tindak kekerasan.
Selain pihak Koramil-01Kodim 0905, kegiatan tersebut dihadiri Bhabinkamtibmas, jetua LPM, ketua Karang Taruna serta seluruh ketua RT di wilayah Muara Rapak.
Radikalisme dikhawatirkan menyasar kalangan generasi muda.
Apalagi, menurut Nunung, banyak terjadi tindak kekerasan di lingkungan yang dilakukan oknum remaja. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh ketua RT agar selalu mengantisipasi setiap kegiatan di lingkungan.
“Pihak kelurahan berpesan kepada ketua RT untuk selalu peduli terhadap lingkungannya, terutama mengenai aktivitas remaja,” sambungnya.
Apabila dari RT tidak bisa menangani permasalahan tersebut, untuk segera melaporkan ke Kelurahan, Babinsa maupun Bhabinkamtibmas.
“Mudah-mudahan atas kerjasamanya bisa menciptakan lingkungan yang aman,” pungkas dia. (m-3/yud)
#muslimsejati
Sumber //m.balikpapan.prokal.co/read/news/240946-lurah-nunung-waspada-paham-radikal.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here