3 Alasan, Mengapa Asupan Kalsium Sangat Penting bagi Ibu Hamil

Asupan gizi yang sempurna adalah salah satu hal yang paling penting dan perlu diperhatikan selama kehamilan. Mengatur dan menjaga pola makan serta mengkonsumsi suplemen hamil, adalah hal penting untuk terpenuhinya asupan gizi sempurna bagi ibu hamil. Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan sangat membantu terhadap perkembangan janin dan menjaga kesehatannya sendiri.

Kalsium sendiri adalah salah satu dari 5 zat gizi mikro yang sangat diperhatikan oleh kementerian kesehatan dalam pedoman gizi seimbang untuk ibu hamil di indonesia. Dan kalsium merupakan salah satunya sebagai asupan penting yang cukup vital untuk setiap ibu hamil.

Berikut ini ada tiga alasan mengapa kalsium begitu penting untuk ibu hamil:

  1. Kebutuhan kalsium harian wanita yang cukup tinggi dibanding pria

Secara umum, berdasarkan angka kecukupan gizi (AGK) di tahun 2013, ternyata wanita lebih tinggi membutuhkan kalsium hariannya daripada pria. Oleh karena itu, saat kondisi wanita sedang hamil, itu artinya kebutuhan kalsium hariannya lebih tinggi dari hari-hari biasanya.  Kadar kalsium yang dibutuhkan ibu hamil trimester awal, yaitu memerlukan tambahan kalsium hingga 200 mg setiap harinya.

Untuk itu, setiap ibu hamil harus benar-benar memperhatikan jenis-jenis makanan maupun suplemen ibu hamil agar benar-benar tepat dalam mencukupi kebutuhan kalsium hariannya.

  1. Mendukung pembentukan tulang dan gigi janin

Dengan tercukupinya asupan kalsium pada masa kehamilan, dalam pembentukan tulang dan gigi janin akan semakin terbantu. Tulang dan gigi pun akan terbentuk lebih kuat.

Selain itu, dengan kalsium juga pembentukan otot dan saraf janin semakin kuat dan fungsinya dapat berjalan dengan sempurna.

  1. Jika asupan kalsium tidak seimbang bahkan kurang, kemungkinan janin akan menyerap kalsium dalam tubuh ibu

Ini membuktikan bahwa janin sangatlah membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Jika saja hal ini terjadi dan berlangsung secara terus menerus, di khawatirkan akan terjadinya keropos pada tulang dan gigi ibu.

Sebelum ini terjadi, sebaiknya saat masa kehamilan, ibu harus benar-benar mencukupi asupan kalsium lebih tinggi dari biasanya.

Berdasarkan alasan-alasan tersebut, asupan kalsium selama masa kehamilan harus bener-bener diutamakan. Asupan kalsium juga merupakan salah satu persiapan kehamilan dan persalinan agar berjalan dengan lancar.

 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts