5 TIPS MENJAGA KULIT WAJAH AGAR TIDAK KUSAM DAN TERAWAT

Wajah yang kusam pasti membuat kalian tidak percaya diri bukan? Banyak faktor yang menyebabkan wajah menjadi cepat kusam seperti tidak cocok dengan produk kecantikan yang dipakai, sering terpapar sinar matahari,tidak menggunakan sunscreen,tidak rutin melakukan eksfoliasi,jarang minum air putih, hingga jarang tidur. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi kesehatan kulit anda.

Anda harus memulai untuk mengubah gaya hidup anda agar kulit anda tetap sehat dan terawat karena hal itu sangatlah berpengaruh. Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara merawat kuit wajah agar tidak kusam dan bersih terawat,mari kita simak tips-tipsnya dibawah ini:

  1. Rajin Mencuci Wajah

Seletelah beraktifitas seharian di luar ruangan pasti kan banyak debu dan kotoran yang menempel di wajah kita. Untuk mengangkat kotoran dan debu tersebut serta mencegah wajah agar tidak kusam adalah dengan cara mencuci wajah minimal dua kali sehari. Setelah mencuci wajah anda harus menggunakan handuk yang bersih atau bisa menggunakan tisu. Setelah mencuci wajah ada baiknya jika anda lanjutkan dengan penggunaan cleanser atau toner untuk mengangkat sisa-sisa debu dan kotoran di wajah.

  1. Konsumsi Sayur Dan Buah-Buahan

Cara merawat wajah agar tidak menjadi kusam selanjutnya adalah dengan stop untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalori dan minyak yang berlebih. Karena hal tersebut akan menyumbat pori-pori wajah anda dan akan membuat wajah anda kusam dan mulai timbul jerawat. Mulailah untuk mengkonsumsi buah buahan dan sayur yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk buah anda bisa mulai mengkonsumsi Apel,Jeruk/Lemon,Alpukat,Anggur dan Pepaya karena buah tersebut mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kulit seperti vitamin A,E,C,K,B6,serat dan juga asam folat.

  1. Menggunakan Sunsreen

Jika anda termasuk orang yang lebih sering melakukan aktivitas di outdoor maka anda harus selalu menggunakan sunscreen sebelum anda menggunakan make up. Namun jangan salah,sunscreen juga wajib digunakan walaupun anda melakukan aktivitas di dalam ruangan. Sunsreen adalah lotion yang berguna untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Sunscreen dapat melindungi kulit wajah dari sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terasa terbakar dan perih.

  1. Menggunakan Pelembab Yang Sesuai Dengan Jenis Kulit

Selain rajin mencuci wajah,menggunakan pelembab untuk kulit wajah secara rutin juga sangat penting. Namun jangan lupa untuk mengenali tipe kulit wajah kalian terlebih dahulu sebelum memilih pelembab.  Jika anda memiliki tipe kulit wajah yang berminyak maka gunakan pelembab yang memiliki kandungan non-komedogenik,jika kulit wajah anda kering maka gunakanlah pelembab dengan kandungan hipoalergenik,terakhir jika kulit wajah anda adalah tipe yang kering maka anda harus menggunakan pelembab yang memiliki kandungan asam hialunorat,gliserin dan dimetikon.

  1. Istirahatlah yang cukup

Tips berikutnya yang paling berdeampak besar adalah perhatikan waktu istirahat anda. Pastikan anda tidur selama 7-8 jam perhari dan jangan terlalu banyak begadang. Tidur yang cukup akan membantu mengoptimalkan proses regenerasi kulit. Sebaliknya jika anda kurang tidur maka hal tersebut akan menghambat proses regenerasi kulit,hal tersebut yang akan menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam. Istirahat yang cukup juga mampu membantu mengembalikan kesehatan kulit.

Nah itulah beberapa tips yang bisa lakukan untuk mencegah kulit anda terlihat kusam. Yang terpenting adalah anda bisa beristirahat yang cukup dan menjalankan pola hidup yang sehat.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts