BUAH YANG JARANG KITA TEMUI

  • Buah Gandaria

Jenis buah memanglah sangat banyak dan memiliki berbagai manfaat di dalamnya. buah sendiri biasanya dijadikan sebagai makanan penutup dari sebuah hidangan. Buah-buahan saat ini memanglah bisa dengan mudah kita temukan di pasaran dan bisa kita budidaya sendiri tanaman nya. Kita harus bersyukur tinggal di negara Indonesia karena banyaknya sumber daya alam yang tersedia yang bahkan banyak tidak kita tidak tahu. Hal tersebut memanglah betul apa adanya. Bahkan ada yang tidak bisa ditemui di negara lain. Nah, jenis buah juga hanya ada dan bisa ditemukan di Indonesia. Banyaknya jenis buah bahkan banyak yang kita jarang temui. Buah-buah tersebut tentunya adalah buah yang spesial karena jarang ditemukan namun ada. 

Jenis Buah Yang Jarang Di Ketahui

Buah-buahan memanglah memiliki banyak jenis. Saking banyaknya terkadang kita tidak tahu nama buah tersebut. Bahkan buah tersebut banyak dijual dengan harga yang sangat mahal karena jarang ditemui. Namun buah-buah tersebut juga banyak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, tanaman buah bisa kamu tanam sendiri di pekarangan rumah. Selain itu, sebagian tanaman buah juga bisa ditanam di dalam polybag. tentu saja hal ini dapat memudahkan mu jika tidak mempunyai lahan untuk menanam. Nah, kamu harus mengetahui dahulu buah-buah di bawah ini yang jarang kamu ketahui:

  • Buah Buni

Buah ini banyak tersebar di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah ini memiliki bentuk dan menggerombol seperti anggur. Buah ini berbentuk bulat dan berwarna merah jika sudah matang. Manfaat dari buah ini adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, memperlancar saluran pencernaan dan manfaat lain. Sebab buah Buni memiliki kandungan nutrisi dari vitamin C, E, B1, B2, mineral dan kandungan lainnya. 

  • Buah Gandaria

Buah ini memanglah sangat asing. Buah ini memiliki ciri-ciri berbentuk bulat agak lonjong dan ketika sudah matang warnanya kuning dan jingga. Buah ini biasanya dijadikan sebagai rujak atau campuran sambal. Buah ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Buah ini memiliki manfaat untuk mencegah kanker, mengatasi sariawan, melancarkan peredaran darah, mempercepat penyembuhan luka dan lain-lain. 

  • Buah Kepel

Buah ini banyak tersedia di Yogyakarta namun jarang kita ketahui. Sebab buah dipercaya memiliki banyak khasiat di dalamnya yang bisa menyehatkan tubuh. Dulu buah ini sering di makan oleh bangsawan keraton yang dinilai mampu membuat bau di badan menjadi wangi. Maka dari itu, buah ini banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan deodoran. 

  • Buah Gowok

Mendengar namanya saja sudah asing apalagi buahnya. Buah ini memiliki ciri-ciri berbentuk bulat dan jika sudah matang akan berwarna ungu kehitaman. Buah ini masih satu kerabat dengan buah jamblang. Manfaat dari buah ini adalah mengobati diare, mengobati kudis, antioksidan, membasmi jerawat dan lain sebagainya. Kandungan di dalam buah ini adalah vitamin, mineral dan antioksidan. 

Nah, itulah beberapa buah yang jarang ditemui maupun tidak kita ketahui. Buah-buah tersebut sama layaknya seperti buah lainnya. Namun buah-buah tersebut biasanya hanya bisa ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Selain itu, pastinya masih banyak lagi buah-buah yang belum kita ketahui dimana keberadaannya. Yang tentunya juga banyak memiliki kegunaannya dan manfaat yang bisa menyehatkan tubuh. Kita harus terus melestarikan alam dan juga lingkungan kita agar sumber daya alamnya tidak bisa habis. 

About the Author

Related Posts