KETAHUI HAL-HAL PENTING INI SEBELUM MEMUTUSKAN MENGGUNAKAN BEHEL

Menggunakan behel merupakan salah satu upaya yang digunakan orang-orang untuk merapikan gigi. Banyak orang-orang yang tidak percaya diri dengan susunan gigi yang tidak rapi dan sejajar. Dimana gigi yang rapi akan menjadikan kita lebih percaya diri dan merasa nyaman. Faktanya, di zaman yang semakin maju ini behel sudah tidak asing bagi kita. Tidak dipungkiri banyak orang-orang seperti para remaja yang menggunakan behel sebagai trend fashion masa ini. Padahal beberapa dari mereka memiliki gigi yang sudah tersusun secara rapi. Sementara itu, secara ketentuan behel tidak bisa dipasang secara asal apalagi dengan orang yang tidak di bidangnya. 

Ketahui Hal Ini Sebelum Memutuskan Menggunakan Behel

Para remaja yang ingin menggunakan behel untuk fashion kebanyakan belum mengetahui hal-hal penting sebelum menggunakannya. Apalagi untuk orang yang sudah memiliki gigi rapi, harus betul-betul mempertimbangkan banyak hal sebelum menggunakan behel sebagai fashion. Dengan alasan agar terlihat lebih keren dan fashionable. Dimana menggunakan behel memiliki tujuan yang  baik, jangan sampai malah menyebabkan masalah baru pada gigi dan kesehatan mulut kita. Padahal, orang-orang yang memang serius bertujuan merapikan gigi pun masih mempertimbangkan banyak hal sebelum menggunakannya. Nah untuk itu, agar tidak bingung lagi. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Diantaranya :

  • Masalah Kesehatan Mulut 

Terdapat masalah kesehatan mulut yang mengintai ketika kita menggunakan behel. Setelah pemasangan behel biasanya akan menimbulkan beberapa kesehatan mulut. Karena gigi dan sekitar mulut belum beradaptasi dengan behel. Kita juga harus rajin gosok gigi dan berhati-hati ketika hendak makan. Jadi, untuk pengguna behel harus bersabar dan terbiasa menjaga kebersihan mulut.

  • Budget 

Menyediakan budget yang lumayan untuk memasang behel. Kita harus memilih dokter dan pemasangan behel yang dapat dipercaya dan berkualitas. Ketika pemasangan awal behel memiliki budget yang berbeda-beda tergantung dengan fasilitas, jenis perawatan, dan tarif dokternya. Biasanya berkisaran mulai 5 juta rupiah hingga puluhan juta. Setelah itu kita juga harus melakukan kontrol secara berkala agar dokter mengetahui kondisi gigi.

  • Proses panjang

Sebelum dan sesudah memasang behel kita harus ekstra sabar. Dimana dengan proses yang panjang dan menyakitkan kita harus betul-betul mempertimbangkan apakah memang butuh memasang behel. Prosesnya yang sangat panjang dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pertama biasanya kita harus melakukan periksa gigi dulu oleh dokter kemudian akan dicetak. Kemudian untuk mengetahui kondisi gigi lebih detail harus melakukan foto rontgen panoramik. Baru kemudian melakukan pencabutan gigi untuk ruang gigi-gigi geser dan menata sendiri. Namun sebelum dipasang, harus menunggu gusi sembuh akibat pencabutan itu sekitar satu minggu. Baru terakhir yaitu pemasangan behel yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Dimana akan memberikan rasa yang sangat tidak nyaman dan nyeri. 

  • Adaptasi 

Kita perlu beradaptasi dengan behel selama beberapa waktu. Seperti akan merasa kesulitan ketika makan. Muncul sariawan dan radang gusi karena pergesekan antara behel dengan mulut atau bibir.

Itulah beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan untuk memasang behel. Namun, untuk meminimalisir masalah mulut dan gigi akibat behel, kita pun dapat melakukan beberapa hal. Seperti sering gosok gigi dengan menggunakan sikat dan pasta gigi khusus bagi pengguna behel. Menyiapkan dental floss untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Dan sering minum air putih dan mengonsumsi buah. Supaya mulut tidak kering.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts