MAKANAN UNIK JAMAN DULU KHAS INDONESIA

40 Makanan Khas Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Lezat Gurih Ngangenin

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari bermacam macam suku bangsa dan bahasa sehingga keragaman yang ada didalamnya cukup banyak. Indonesia ini merupakan negara dengan toleransi yang tinggi karena didalamnya kita akan menemukan perbedaan agama, ras, suku, dan bahasa. Inilah yang membuat keragaman yang ada di Indonesia sangat beragam seperti halnya dengan keragaman makanan khasnya. Dimana semua daerahnya memiliki makanan khas masing masing, makanan khas inipun sangat unik unik dan menarik tentunya. Sebagai contoh gudeg yang berasal dari Yogyakarta. Kita bisa mendapatkan gudeg jika kita pergi ke Yogyakarta karena makanan ini merupakan makanan khas daerah ini. Akan tetapi ada juga makanan yang hampir sama seperti soto hampir semua daerah memiliki makanan khas berupa soto akan tetapi pembuatannya saja yang berbeda.  Makanan khas Indonesia memang sangat beragam dan unik rasanya pun tidak perlu diragukan lagi. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk selalu datang ke Indonesia. 

Untuk lebih jelasnya dibawah ini makanan – makanan khas Indonesia yang bisa anda coba:

  • Rendang dari Sumatera Barat

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas yang satu ini? Rendang merupakan makanan dengan bahan utama berupa daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah rempah lalu dimasak hingga semua bumbu menyerap kedalam daging. Rendang sendiri berasal dari sumatera barat akan tetapi anda bisa menemukannya dimana saja tentunya dengan olahan yang berbeda.  Dengan menggunakan bumbu berupa rempah rempah yang banyak membuat rendang menjadi makanan yang sangat lezat dan tentunya khas.

  • Bika Ambon dari Medan

Bika ambon merupakan jenis makanan yang berupa kue dengan rasa yang manis dan tekstur yang sedikit kenyal. Bika ambon sendiri berasal dari medan dan biasanya dijadikan sebagai oleh oleh khas medan.  Bahan dasar bika ambon ialah telur, gula dan santan. Jika dilihat dari namanya mungkin anda mengira makanan khas ini berasal dari ambon melainkan dari medan. Bentuknya pun cukup unik dengan rongga rongga pada kue sehingga terlihat menyerupai spons saat dipotong.  

  • Pempek dari Palembang

Makanan khas Indonesia yang satu ini paling sering digemari karena rasanya yang unik apalagi disajikan dengan cuka yang sudah dipersiapkan. Pempek sendiri terbuat dari iklan yang dihaluskan lalu ditambahkan dengan berbagai bahan lainnya seperti tepung, telur dan bumbu bumbu lainnya. Yang membuat makanan ini unik karena disajikan dengan tambahan cuka yang rasanya cukup khas. Pempek terdiri dari beberapa jenis setiap jenisnya menggunakan cara yang berbeda saat pengolahannya. Seperti pempek kapal selam yang berupa pempek yang didalamnya terdapat telur, pempek lenjer yang berupa pempek dengan bentuk panjang biasa. Dan masih banyak lagi.

  • Kerak telor dari Jakarta

Makanan jaman dulu yang satu ini memang sudah sangat jarang kita temui. Kita juga hanya bisa menemukannya di daerah Jakarta karena memang makananan ini merupakan makanan khas daerah tersebut. Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan telur dan tambahan bumbu diatasnya. Pembuatannya pun cukup unik yaitu ketika ada yang pembeli, kerak telor baru akan dibuatkan. Caranya dengan memanaskan wajan yang akan digunakan terlebih dahulu lalu masukan beberapa sendok beras ketan yang sudah direndam. Lalu, ratakan diatas permukaan wajan setelah setengah matang, tambahkan telur dan bumbu lainnya lalu masak hingga matang. 

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts