TANAMAN-TANAMAN OBAT YANG JARANG KITA KETAHUI

TANAMAN-TANAMAN OBAT YANG JARANG KITA KETAHUI

Banyaknya sumber daya alam di Indonesia menjadikan masyarakat menjadi terpenuhi kebutuhannya dengan mudah. Banyaknya hutan juga menjadikan di dalamnya juga banyak jenis dan spesies tanaman yang berbeda-beda. Nah, tanaman tersebut tentunya juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh bahkan bisa dijadikan sebagai obat. Tanaman obat memiliki khasiat yang tentu saja dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan menyehatkan tubuh. Tentu saja hal ini dapat kita ketahui. Tanaman-tanaman tersebut biasanya juga tidak jarang kita temui dan jarang ada di sekitar rumah kita. Biasanya kita akan banyak menemukan tanaman obat di dalam hutan. Tanaman tersebut biasanya kita bisa ambil mulai dari buah, akar, daun, bunga dan batangnya. 

Jenis Tanaman Obat Yang Jarang Kita Tahu Manfaatnya

Tanaman obat memiliki banyak jenis dan juga segudang manfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, tanaman tersebut terkadang tidak ditemukan di sekitar rumah kita namun bisa dibudidayakan. Mungkin tanaman obat yang sering kita dengar hanyalah jahe, kunyit, temulawak dan lainnya yang sangat mudah kita temukan. Namun apakah kamu tahu jenis tanaman obat lain? kamu perlu mengetahuinya. Bahkan bisa kamu tanam di sekitar pekarangan rumah kamu yang bisa kamu jadikan sebagai obat penyakit. Nah, untuk itu, kita perlu mengetahui jenis tanaman obat di bawah ini:

  • Meniran

Tanaman ini bisa kamu temukan jika kamu hidup di desa. Tanaman ini biasanya yang digunakan daunnya. Ciri-ciri dari tanaman ini adalah memiliki daun yang bulat dan menyirip yang memiliki ukuran kecil-kecil. Tanaman obat ini memiliki rasa yang sedikit pahit, manis dan sejuk. Tanaman ini sangatlah mudah untuk dibudidayakan karena dapat tumbuh di lahan terbuka, tanah berpasir dan tempat lain. Manfaat dari daun ini adalah dapat menurunkan kadar gula, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar lithium di dalam tubuh kita. 

  • Temu Mangga

Jenis tanaman ini masih satu spesies dengan temulawak. Namun tanaman obat ini memiliki manfaat yang berbeda yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker dan juga meremajakan kulit. Temulawak juga memiliki bentuk seperti temulawak pada umumnya. Namun tanaman obat ini kurang dikenal oleh orang-orang. 

  • Kumis kucing

Mungkin kamu akan mengira bahwa tanaman ini adalah tanaman liar padahal tidak. Bunga di tanaman ini memiliki khasiat untuk mengobati rematik, menyembuhkan asam urat, melancarkan saluran kemih, batuk dan meringankan luka di kulit. Kumis kucing juga dapat menyembuhkan masuk angin dan sakit pinggang. Namun wanita hamil tidak bisa mengkonsumsi kumis kucing yang telah ramu. 

  • Daun Tempuyung

Tanaman ini biasanya dapat kita temukan di antara rerumputan. Namun daun ini bukan tanaman liar namun digunakan sebagai obat tradisional. Manfaat utama adalah untuk menghancurkan t batu ginjal. Nah, daun ini bisa kamu jadikan sebagai lalapan maupun ramuan. Jika mau kamu jadikan ramuan, kamu perlu membutuhkan dua lembar daun tempuyung yang kering dan setelah itu biasa kamu seduh dengan segelas air hangat seperti the. Kamu bisa melakukannya sehari bisa 3 kali agar penyakitmu cepat hilang. 

Nah, itulah beberapa tanaman yang jarang kita ketahui manfaatnya. Sebenarnya masih banyak lagi tanaman obat yang sangat berguna untuk tubuh. Nah, tentunya kamu bisa mengonsumsi nya menggunakan racikan ramuan yang kamu buat sendiri. Jika rutin mengkonsumsi pastinya penyakit kamu akan cepat sembuh. Tidak hanya itu saja kamu juga akan mempunyai tubuh yang sehat dan tidak gampang terkena penyakit. 

About the Author

You may also like these